PRASASTI MARMER-SENI LETTER MARMER: SENI LETTER MARMER,SENI MARMER TERTUA

Selasa, 22 Mei 2012

SENI LETTER MARMER,SENI MARMER TERTUA

SENI LETTER MARMER_Sebenarnya ini hanya merupakan nama lain dari Seni pembuatan Prasasti marmer,akan tetapi warga Tulungagung khususnya pengrajin marmer disana,selalu menyebutnya dengan istilah seni letter marmer.Oleh karenanya bagian yang terpenting dalam sebuah pembuatan prasasti marmer selalu ditentukan oleh baik dan tidaknya seni letter yang mereka Kuasai.Apakah Seni Letter itu...? Seni Letter didifinisikan sebagai seni pembuatan huruf dan font,baik itu merupakan huruf latin ,huruf arab dan sebagainya.YAch semuanya dianggap sebagai sebuah " Letter" atau tulisan.padahal kalau ditilik dari bahasa awalnya Letter ini diartikan sebagai surat bukan...?? He,,he,,he,, inilah asyiknya mengetahui istilah -istilah yang dipakai oleh para pengrajin Tulungagung,saya berusaha menyajikan sedemikian rupa dan apa adanya tanpa mendebat benar atau salah tentang istilah yang mereka pakai.
Kawan Seni letter  marmer ini merupakan kerajinan marmer yang tertua,karena dekade awal munculnya kerajinan marmer Tulungagung, ditandai dengan munculnya kerajinan makam marmer,dimana seni letter ini sudah berfungsi sebagai penanda pemilik Kubur,yakni dituliskannya nama Almarhum dan juga tentang tanggal lahir serta tanggal wafatnya.
Demikian pesat perkembangan seni letter marmer di Tulungagung sampai-sampai banyak sekali aplikasi pengembangan dari seni letter ini.termasuk didalamnya adalah seni pembuatan prasati marmer.Jadi kalau ditinjau dari hierarki  indukannya,Seni letter ini merupakan Induk dari Seni prasasti marmer.